Rabu, 16 Maret 2011

Beginilah Bentuk Gerhana Matahari Jika Dilihat Dari Luar Angkasa

Gerhana di ruang angkasa: Momen Menakjubkan tertangkap kamera NASA saat Bulan  lewat di depan Matahari. Ini terlihat sedikit seperti seseorang telah sengaja mendapat jempol mereka tertangkap di depan lensa saat mereka mengambil gambar dari Matahari. Tapi ini citra luar biasa menunjukkan bulan saat melintas antara pesawat ruang angkasa dan matahari – menyebabkan sebagian gerhana.


The moon passing between the SDO and the sun on October 7th, 2010 in an image taken by Nasa’s Solar Dynamics Observatory.

Pertama kali bagi NASA SDO (Solar Dynamics Observatory), kamera menyaksikan Matahari dalam panjang gelombang cahaya ultraviolet ekstrim seperti Bulan gelap mulai lewat di depannya. Sulur plasma super-panas – yang dikenal sebagai solar flare – dapat dilihat menjangkau jauh ke angkasa. Plasma loop seperti ini bisa panas sampai 20 juta derajat Celsius terik. Loop plasma terang melesat keluar di paling kiri gambar adalah sekitar 860.000 mil.



Gambar-gambar ini tidak hanya bagus untuk dilihat, namun. Para ilmuwan yang memantau SDO mengatakan sebagian gerhana akan terbukti berguna bagi mereka dalam meningkatkan bagaimana peralatan bekerja. Karel Schrijver dari Lockheed-Martin Solar dan Astrofisika Lab berkata: “tepi sangat tajam dari anggota tubuh lunar memungkinkan kita untuk mengukur karakteristik di-orbit misalnya teleskop, difraksi cahaya pada optik dan jaringan pendukung saringan.

A close-up of the image which shows activity in the Sun’s corona arcing up from the star’s surface. 

“Setelah ini ditandai, kita dapat menggunakan informasi tersebut untuk mengoreksi data kami untuk efek instrumental dan mempertajam gambar untuk detail lebih banyak lagi.” SDO menyediakan lebih baik dari pandangan-HD kualitas Matahari di berbagai panjang gelombang dan telah bertanggung jawab atas beberapa gambar spektakuler surya suar yang telah muncul dalam beberapa bulan terakhir sebagai Matahari memulai periode kegiatan tinggi. SDO meluncur dari Cape Canaveral, Florida pada bulan Februari 2010 dan akan melakukan misi lima tahun dengan biaya £ 550million. Pesawat ruang angkasa, mengorbit 22.000 mil di atas bumi.

sumber= http://www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-1322110/Eclipse-space-Nasa-camera-captures-moment-Moon-passes-Sun.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar